Selamat Datang di Blog Saya

sponsor link

TrafficRevenue

Saturday, April 9, 2011

Seni Tari Lampung

Tari malinting ::

salah satu kesenian tradisional yang hidup di desa wana adalah tari melinting. Di lihat dari sejarahnya, tarian ini merupakan tari adat tradisional keagungan keratuan melinting yang diciptakan oleh ratu melinting yaitu pangeran panembahan mas, yang dipentaskan pada saat acara gawi adat (betawi). Tari melinting ini merupakan tari tradisional lepas untuk hiburan pelengkap pada saat acara gawi adat.


Fungsi tari melinting dahulu merupakan tarian keluarga ratu melinting dan hanya dipentaskan oleh keluarga ratu saja ditempat yang tertutup (sessat atau balai adat), tidak boleh diperagakan oleh sembarang orang. Pementasannya pun hanya pada saat gawi adat keagungan keratuan melinting saja. Personal penarinya pun hanya sebatas pada putra putrid ratu melinting.


:: Tari jangget :: 

tari jangget, adalah tarian untuk upacar-upacara peradatan. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat lampung.




:: Tari bedana ::

tari bedana adalah tari muda/i lampung. Tarian ini biasa dibawakan oleh pemuda/i dalam acara2 adat dan acara2 yang tidak resmi sebagai ungkapan rasa gembira.




:: Tari sembah ::

salah satu jenis tarian yang terkenal adalah tari sembah.ritual tari sembah biasanya diadakan oleh masyarakat lampung untuk menyambut dan memberikan penghormatan kepada para tamu atau undangan yang datang, mungkin bolehlah dikatakan sebagai sebuah tarian penyambutan. Selain sebagai ritual penyambutan, tari sembah pun kerap kali dilaksanakan dalam upacara adat pernikahan masyarakan lampung.

Spoiler f

No comments:

Post a Comment